31 Desember 2015 Indonesia khususnya Aceh akan menghadapi hal baru, memasuki gerbang “Masyarakat Ekonomi ASEAN” 10 negara di Asia Tenggara telah sepakat untuk lebih “dekat”. ada 3 pilar utama kesepakatan yang sedikit demi sedikit direalisasikan. sosial-budaya, politik-keamanan, dan ekonomi. AFTA, adalah bagian dari realisasi pilar ekonomi. 31 Desember ini adalah puncaknya, perdagangan bebas di seluruh negara. jadi apa sebenarnya yang bebas ? di koran serambi Indonesia dalam 1 tahun terakhir juga buka 1 kali 2 kali saja isu ASEAN ini muncul. pentingkah ?
Dari segi jasa ada 10 profesi yang utama yang akan sangat mudah keluar masuk berkerja antar negara-negara ASEAN, Seperti perawat, surveyor, akuntan dan 7 lainnya. Juga tidak menutup kemungkinan untuk profesi lainnya. Akan diberikan kemudahan bagi para profesional untuk bekerja di negara ASEAN, seperti pembebasan visa, dan lain-lain. Itu jasa, bagaimana dengan barang ? ya, transfer barang antar negara Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, Myanmar, Filipina dan 3 negara lainnya akan lebih mudah lagi di banding sekarang. bahkan saya lernah mendengar pajan akan ditekan sampai 0%, cuma mendengar, belum update info.
Sabtu sore yang lalu saya tiba di bandara internasional Penang, sedikit terkesan, melihat beberapa x-banner yang berdiri tegak menampilkan gambar logo ASEAN dan gambar bendera 10 negara ASEAN. tetapi di bandara SIM Banda Aceh belum ada hal-hal seperti itu. ehm…
Tau Eropa kan ? kita direncanakan seperti itu. Bahkan wacana menerbitkan mata uang sendiri sempat heboh, tapi ASEAN belum sekuat Eropa. Tampaknya Aceh memang akan mendapatkan tantangan baru tahun depan dengan kondisi seperti yang sedikit saya tuliskan di atas. Ya, sebelum hal-hal lain mungkin akan jadi heboh tahun depan, kesiapan pasar, arus tenaga kerja, investasi dan lain-lain, saya pikir komunikasi juga menjadi hal penting walau sederhana. Jadi bahasa ASEAN pakek bahasa apa ? bahasa resmi ASEAN adalah bahasa inggris.
 Kalau pun dari sisi lain masi ada yang belum siap menjelang 31 Desember ini, hal2 sederhana masih bisa di upayakan. Sudah bisa berbahasa Inggris? belajar dari SMP SMA, kuliah juga kan ?
Selamat kalau sudah lancar.
Kalau belum, merasa aneh ngak ? Sudah lama banget ya blajar bahasa inggrisnya ? Sudah lah, mari mempraktekkannya saja sambil ketawa ketiwi sambil ngopi. Campur2. Tetapi nanti jika sudah lancar bahasa Inggris nya, jangan di campur lagi, bahasa Indonesia juga ok, bahasa Aceh juga keren banget buat saya. Oh ya, Dengan sedikit berat hati Selamat, anda sudah menjadi warga ASEAN dan sebentar lagi akan lebih merasakan dampaknya.

*dikutip dari akun Facebook Jamal Anshari yang di posting pada tanggal 29 Oktober 2015