Ini buku lama, tampilan aja yang baru. Terbitan pertamanya tahun 1961. Saya tidak mengenal penulis, hanya membaca tentang biografinya di lembar-lembar terakhir buku. Muhammad Zainuddin nama beliau. Beliau orang Pidie, lahir di Lueng Putu. Ya, dulu masa beliau lahir, Lueng Putu adalah wilayah Pidie.
Beliau sekolah melayu di Sigli dan kuliah di Beureunuen dulunya.


Oh ya, pernah dengar sejarah Presiden Sukarno tahun 1948 pertama kali ke Aceh dan meminta kepada Gasida (Gabungan Saudagar) agar saudagar-saudagar daerah Aceh sudi memberikan kepada Republik Indonesia sebuah pesawat terbang ? Pada masa itu Pak M. Zainuddin adalah Ketua Majelis Komisaris Gasida.
Beliau juga menerima penghargaan pada tahun 1958 dari panitia PKA-1 atas jasanya di bidang sejarah dan Adat Istiadat Aceh. Dan banyak lagi jasa-jasa beliau lainnya.

“Tarikh Aceh dan Nusantara” ini adalah salah satu buku karangan beliau. Isinya tentang sejarah Aceh pra dan pasca kesultanan di Aceh, juga ada tentng “kanduri blang”, tugas “panglima laot”,”ulee balang” dan beberapa bahasan lainnya. Lumayan juga banyak foto-foto hitam putihnya.