Gladwell adalah salh satu penulis dan pemikir yg saya suka.
Perspektif, Sudut pandang. Apa yg si A dan si B pikirkan ketika melihat objek O.
Satu cerita singkat yg ada dlm buku ini. Tentng Cesar Millan, si pawang anjing. Gladwell begitu kritis, dia penasaran apa yang ada dalam pikiran Millan ketika dia menangani anjing-anjing galak. Tapi pertanyaan keduapun muncul, ketika Millan melakukan pekerjaannya, apa sebenarnya yang ada dalam kepala anjing itu. Apa yang anjing itu rasa ?
Menarik ngak ?

Di kehidupan nyata sehari-hari kita apakah kamu pernah dikejar-kejar anjing galak ? Hihihi, bukan itu yg pengen saya bilang.
Di kehidupan nyata sehari-hari misalnya lagi ngobrol santai sama kawan, ketika terjadi perbedaan pendapat, pernahkah kamu berusaha mencari tau dulu apa yang ada dipikiran lawan bicaramu sebelum kamu mempertahankan pendapatmu yang kamu anggap benar ?

Other minds kata ahli psikologi. Kamu tidak bisa memaksakan pikiran orang lain sama orang lain. Kamu tidak bisa memaksakan cara orang lain melihat sesuatu sama seperti caramu melihat hal tersebut. Tapi kita bisa coba mencari tau, bagaimana cara orang lain melihat sesuatu. Bagaimana dosen yang tidak kamu sukai melihat kamu? Bagaimana orang tuamu melihat sesuatu ?

Bagaimana sudut pandang cewe2 hebring ketika melihat nenek peminta2 di sebuah coffee shop ?
Bagaimana sudut pandang seorang pria ketika melihat orang yang dia sangat sayangi bersanding di pelaminan dengan orang lain ?
hihi.
Jujur, aku suka jadi kaya, kaya akan perspektif.